Kamis, 26 Januari 2017

Keistimewaan Membaca Surah Yasin

Fadhillah Membaca Surat Yasin

  • Jika dibacakan kepada orang yang sakaratul maut maka akan mempermudah keluarnya ruh.
  • Membaca Surat Yasin = Membaca Al-Qur’an 10 kali.
  • Dapat memberi syafaat bagi pembacanya.
  • Dimudahkan hajatnya.
  • Meringankan siksa kubur.
  • Dapat menolak kejahatan.
  • Jika dibaca ketika malam Jum’at maka akan mendapatkan ampunan.
  • Jika belum menikah maka akan mudah dalam mencari jodoh.
  • Jika merasa takut, maka Allah akan menghilangkan rasa takutnya.
  • Orang yang bingung akan arah akan diberi jalan.
  • Orang yang merasa sakit maka akan hilang rasa sakitnya
Semua itu atas izin Allah SWT
Di dalam surat Yasiin terdapat banyak keistimewaan jika mau mendalaminya dengan baik

Keutamaan Surat Yasin

Sebelum mengetahui keutamaan surat Yasiin, marilah simak dahulu beberapa Hadits berikut:
  1. “Segala sesuatu mempunyai jantung (hati),sedangkan jantung Al-Qur’an adalah surat Yasin, dan siapa saja yang membaca surat Yasin, Allah SWT mencatat bacaannya seperti bacaan sepuluh kali” (H.R Ad-Darimiy, At Tirmidzi dan Anas RA dan Kanzul Umai).
  2. “Barangsiapa membaca surat Yasin, (maka) setiap malam akan diampuni.” (Al-Baihaqi dalam Syi’abil Iman dan Abu Hurairah RA dan Kanzul Umai).
  3. “Barangsiapa membaca surat Yasin pada waktu malam hari, maka waktu Shubuh ia menjadi orang yang mendapatkan ampunan.” (Abu Nu’aim dalam Al-Chilyab dan Ibnu Ma’ud RA dan Kanzul Umai).
  4. “Barangsiapa membaca surat Yasin untuk mengharapkan ridho Allah SWT, maka Allah SWT mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu, maka bacalah itu oleh kalian di sisi orang-orang mati kalian.” (Al-Baihaqi dalam Syi’abil Iman dan Mu’qil dan Yasar RA dan Kanzul Umai).
  5. “Tiada seorang akan mati, lalu dibacakan surah Yasin di sisinya kecuali Allah SWT akan memudahkan kematiannya.” (Abu Nu’aim dan Abu Darda’ dan Abu Dzar RA dan Kanzul Umai)
Setelah diperhatikan beberapa hadits-hadits diatas maka dapat diambil kesimpulan tentang keutamaan surat Yasiin, diantaranya:

Surat Yasin Sebagai Jantung Al-Qur’an

Surat Yasin menjadikan Al-Qur’an hidup memancarkan cahayanya yang sangat terang bagi jiwa manusia dan mampu menggerakkan seluruh ayat Al-Qur’an menjadi hidup. Bagaikan generator yang mampu menggerakkan kawat-kawat listrik untuk menerangi ruangan dan tempat gelap.
terdapat keistimewaan jika membaca surat Yasiin pada malam Jum'at

Inti dari surat Yasin adalah wujud kemuliaan dari Rasulullah SAW yang telah menerangi hati ummatnya dengan cahaya Al-Qur’an. Pada akhir zaman nanti bayangan beliau akan bangkit kembali dalam wujud seorang Imam Mahdi AS.

Jika Seseorang Membaca Surat Yasin Setiap Malamnya Mendapatkan Bimbingan Imam Mahdi AS

Sebagai seorang Khalifah pengganti pada akhir zaman ini beliau akan mengerti akan kedudukannya di mata Allah SWT dan akan senantiasa meminta taubat kepada-Nya. Menjadikan setiap hambanya yang terampuni dosanya mendapatkan lindungan dari Allah SWT.

Dianjurkannya Membaca Surat Yasin Setiap Malam Jum’at

Dalam surat Yasin mengandung makna agar manusia senantiasa ingat tentang kesuksesan dan kebahagiaan bagi orang-orang yang jiwanya sempurna. Sangat merugilah dan menderitanya orang yang durhaka kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.
Itulah tadi beberapa keutamaan dalam membaca surat Yasin yang sangat istimewa dan luar biasa. Setelah mengetahuinya ada baiknya untuk mengerjakan dan mengamalkan keutamaan dalam surat Yasin dengan membacanya tiap malam atau setiap malam jum’at. Semoga dengan ini semua mendapatkan Rahmat Allah SWT dan tulisan ini menjadi tulisan yang bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar